– Sumber Energi Alternatif –

21.42 Posted In Edit This 0 Comments »
Salah satu objek penelitian para ilmuan dunia yang masih terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi hingga saat ini adalah sumber energi alternatif. Memang hal ini penting untuk dilakukan mengingat sumber energi yang telah digunakan di dunia hingga saat ini belum bisa berkembang dengan baik. Bahkan, beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui juga mulai berkurang. Sementara itu, kebutuhan akan sumber energi baru yang lebih mudah dan efisien semakin meningkat di masyarakat seiring dengan pertambahan populasi manusia dan perkembangan zaman. Berbagai ide dan penemuan pun mulai bermunculan. Semua itu dilakukan untuk memenuhi tuntutan hidup umat manusia.

Salah satu sumber energi alternatif yang bisa diandalkan adalah panel surya (solar cell). Dengan menggunakan energi sinar matahari yang tak terbatas, kita bisa mendapatkan energi listrik langsung pakai sehingga sangat mudah dan efisien. Panel surya bisa menjadi salah satu sumber energi masa depan. Namun hingga saat ini panel surya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain biaya instalasinya yang masih mahal, energi listrik yang dihasilkan pun relatif kecil. Sehingga untuk menghasilkan energi listrik yang besar, dibutuhkan panel surya dalam jumlah yang besar pula, dan tentunya akan menyita banyak tempat. Panel surya cocok digunakan di daerah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, seperti gurun. Panel surya juga digunakan pada satelit dan stasiun luar angkasa karena intensitas cahaya matahari di luar angkasa jauh lebih besar daripada di bumi.

Selain panel surya, sumber energi alternatif lain yang cukup menjanjikan adalah energi nuklir. Dalam hal ini energi nuklir dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tanaga Nuklir (PLTN). PLTN menjadi salah satu pilihan karena bahan baku yang digunakan tidak perlu banyak. Dengan menggunakan sejenis unsur radioaktif tertentu seperti uranium, PLTN dapat menghasilkan energi listrik dalam skala besar melalui proses kimia yang disebut reaksi inti fusi (fusion nuclear reaction). Energi yang dihasilkan dari beberapa gram uranium saja setara dengan energi yang dihasilkan dari berton-ton batubara, sehingga sangat menguntungkan. Sayangnya biaya pembuatan sebuah PLTN sangatlah besar. Bahan baku uranium yang tersedia di bumi pun tidak terlalu banyak. Selain itu, bahaya ledakan dan radiasi radioaktifnya juga patut diperhitungkan.

Dan masih ada beberapa sumber energi alternatif lain yang sudah terbukti bermanfaat, seperti biogas, biofuel, Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Pembangkit Listrik Tenaga Ombak, dll. Namun di setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Karena itu, penelitian masih terus dilakukan untuk mendapatkan sumber energi yang mudah, murah, efisien, atau bahkan unlimited.

Sumber energi tak terbatas – GENERATOR PEGAS

Pernahkah kita memikirkan sumber energi yang mudah didapat, efisien, tanpa polusi, dapat digunakan kapan saja, tak terpengaruh oleh cuaca ataupun keadaan, dan yang pasti “tak pernah habis”. Pegas adalah jawabannya. Ya, pegas adalah salah satu sumber energi yang paling mudah ditemui di sekitar kita. Pegas memang tidak terlalu populer, namun bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan alat yang disebut “generator pegas”

Prinsip kerjanya sederhana. Kita memanfaatkan energi pegas untuk memutar generator sehingga menghasilkan listrik. Generator pegas terdiri atas sebuah roda berporos dengan pengait pegas di salah satu sisinya, dan sebuah pemberat di sisi yang lain. Generator pegas juga memiliki empat buat pegas berbahan jenis dan koefisien sama yang dikaitkan pada papan pengait dan roda berporos.





















Sehingga saat kita putar rodanya, maka ia akan terus berputar tanpa henti karena pengaruh pegas dan pemberat. Pemberat juga berfungsi agar roda berputar lebih cepat dan konstan. Lalu, kita bisa hubungkan poros roda dengan generator untuk menghasilkan energi listrik. Selain itu, poros roda juga bisa kita hubungkan dengan roda gigi (gear) yang lain untuk menghasilkan energi gerak.











Bayangkan jika generator pegas ini dibuat dalam ukuran besar. Mungkin kita bisa membuat sebuat Pembangkit Listrik Tenaga Pegas untuk mengatasi kurangnya pasokan listrik di Indonesia. Kita juga bisa memanfaatkan alat ini untuk keperluan lain seperti sebagai penggerak alat penggiling padi, dll. Yang pasti –jika memungkinkan– alat ini dapat berputar terus menerus tanpa henti sehingga dapat menghasilkan energi tanpa batas (unlimited energy sourch).


Created by : Wahyu Rahadiatmaja
wrahadiatmaja.blogspot.com

Click here to get your free mobile phone or apple ipod

0 komentar: